Inilah Cara Memilih Aqiqah Yang Sehat

  • March 20, 2020

Aqiqah adalah ungkapan terima kasih karena memiliki anak di keluarga kita. Aqiqah termasuk ibadah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW  (Sunnah Rasul). Ketika menjalankan ibadah, jelas bahwa kita harus melakukannya dengan serius, sesuai dengan tuntunannya.

Saat ini kita semakin dimanjakan oleh banyak penyedia layanan Aqiqah. Apalagi di era 4.0. Untuk informasi tentang layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Aqiqah ini, seperti Aqiqah Jogja . Kita dapat mencarinya di Internet. Dalam waktu yang relatif singkat, kami dapat menemukan informasi, menemukan dan mengevaluasi berbagai jenis penyedia layanan batu akik. Tidak perlu lagi mencari penyedia Aqiqah satu demi satu untuk mengevaluasinya. Kami juga menyediakan berbagai alat komunikasi dengan penyedia layanan ini.

Ada beberapa pertimbangan dalam memilih kualitas kambing:

1. Kualitas kambing

Kambing yang direkomendasikan untuk aqeeqa adalah kambing yang besar, sehat, dan tidak dipelihara. Itu dianggap cukup tua jika seekor kambing berumur satu tahun atau telah menumbuhkan sepasang gigi permanen. Menurut Departemen Pertanian Indonesia, Pusat Penelitian Pertanian Indonesia dan Badan Penelitian Ternak, kambing sehat memiliki beberapa karakteristik, yaitu:

A. Lincah

B. Wajah cerah

C. Banyak makannya

D. Bulunya bersih dan mengkilap

E. Tidak ada kudis

F. Lubang hidung (mulut, hidung, telinga, dan anus) bersih dan normal.

G. Suhu tubuh normal (37  ° C)

Gigi yang sehat dan memadai tidak cukup sebagai syarat pengorbanan untuk dikorbankan oleh aqeeqah. Kita juga harus memastikan bahwa kambing tidak cacat / tidak alami. Kekurangan dalam pertanyaan, seperti ekor yang terputus, telinga yang tidak rusak, mata yang buta, kaki yang patah, atau kaki yang lembek.

2. Proses penyembelihan

Proses pemotongan kambing dan domba untuk aqeeqah lebih sehat jika terjadi setelah matahari terbit. Pada saat pengorbanan, itu harus diarahkan kepada anak / anak yang dikristalkan. Selain itu, tulang tidak boleh patah, tetapi potong pada sendi. Dalam proses pemotongan hewan akik, perlu diperhatikan kualitas bilah yang digunakan untuk menyembelih. Pisau harus sangat tajam sehingga tajam dan tidak berkarat. Penelitian telah menunjukkan bahwa membunuh binatang dengan pisau tajam mengurangi rasa sakit pada hewan yang disembelih. Karena itu, pada saat pembantaian, kita harus memperhatikan moral yang baik. Menurut Majelis Ulama Indonesia, ada beberapa langkah untuk menyembelih hewan-hewan Aqeeqah:

3. Cara memasak, tempat, dan penyajian

Selain memperhatikan kualitas kambing dan proses pemotongan, metode memasak, lokasi dan presentasi harus menjadi perhatian untuk menentukan kualitas batu akik. Daging yang tidak diobati dapat menyebabkan penyakit. Misalnya, jika ada banyak lalat selama memasak atau sebagian dari daging batu akik, lalat memiliki potensi besar untuk membawa tanah dan dapat menyebabkan diare. Sangat disayangkan jika ini terjadi. Karena daging Aqeeqah akan dibagikan kepada tetangga atau saudara. Dengan kata lain, banyak orang akan mengkonsumsi daging. Jika daging juga menyebabkan diare, maka akan terkena diare dan melibatkan banyak orang. Karena itu, pertimbangan harus diberikan pada kebersihan tempat dan peralatan dalam proses memasak dan menyajikan. Selain lalat, pengelola makanan juga harus memenuhi standar kesehatan untuk pemasok makanan, seperti oto, topi, penjepit, dan masker makanan. Topeng ini penting agar Anda bisa memasak atau menyajikan air liur, karena Anda dapat mencegah air liur dari percikan makanan.

Terkadang saat memilih penyedia layanan, kita lebih fokus pada harga saja. Ketika membandingkan kualitas, harga saja tidak cukup untuk referensi. Jangan biarkan kami mengejutkan Anda dengan harga yang tepat ini, tetapi kami masih harus menjaga kualitasnya. Oh ya, ketika menganalisis harga, pastikan harga yang dikutip termasuk semuanya, termasuk biaya pemotongan kambing, layanan pengiriman dan banyak lagi. Ini membuat perencanaan keuangan kami untuk Al Aqah lebih aman.

Merry

E-mail : admin@elautobus.org

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*