Kiat Memulai Usaha Penyewaan Mobil

  • March 16, 2020

Kebutuhan transportasi, khususnya di  Indonesia, telah menjadi kebutuhan pokok bagi orang Indonesia. Ini menjadikan bisnis penyewaan mobil menjadi  salah satu peluang bisnis yang tidak akan mati di Indonesia. Mulai dari penyewaan mobil keci seperti City Car maupun untuk mobil besar seperti  Sewa elf . Dari kegiatan rekreasi  hingga kebutuhan komersial, mobil adalah salah satu kendaraan yang paling dicari oleh orang Indonesia.

Selain itu, perkembangan teknologi canggih semakin menghasilkan pekerjaan baru, seperti pengemudi online atau sopir taksi. Ini telah menjadi peluang baru bagi para pengusaha mobil sewaan. Bagi mereka yang hanya ingin pergi bekerja, sewa mobil tampaknya menjadi pilihan untuk memulai bisnis. Jadi, bagaimana Anda memulai? Berikut ini beberapa tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis rental mobil dengan modal kecil.

Pilih mobil yang menarik minat Anda

Memulai bisnis penyewaan mobil berarti Anda harus menyewa mobil. Sebelum membeli mobil, cobalah memilih jenis kendaraan yang diinginkan pelanggan di wilayah Anda. Secara umum, pelanggan sewa mobil lebih suka minibus / minibus yang dapat membawa banyak orang dan memiliki bahan bakar murah juga.

Mobil yang paling populer secara umum adalah Avanza, Xenia, Innova, Gran Max, dll. Setelah memilih mobil yang ingin Anda beli, tentukan harga sewa mobil berdasarkan jenis mobil dan juga sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hindari membeli mobil bekas

Meskipun harganya jauh lebih rendah, hindari membeli mobil bekas untuk memulai bisnis penyewaan mobil. Dengan memilih mobil baru, perusahaan Anda akan lebih bernilai bagi pelanggan, menjadikannya lebih aman dan nyaman. Selain itu, memilih mobil baru juga mengurangi biaya perawatan. Bisakah Anda bayangkan berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk perawatan mesin mobil bekas? Tentunya lebih mahal daripada membeli mobil baru.

Membeli mobil secara kredit

Jika membeli mobil baru itu mahal dan Anda tidak memiliki cukup modal, Anda dapat membelinya secara kredit. Untuk disewakan, Anda bisa mendapatkan bagian dari pendapatan sewa mobil. Dengan cara ini, Anda tidak akan dikenakan komisi bulanan. Namun, jika Anda memiliki modal yang cukup untuk membeli mobil baru, tidak ada yang salah dengan membeli mobil secara tunai.

Menetapkan aturan sewa mobil

Regulasi di sektor penyewaan mobil sangat penting. Secara umum, ada risiko yang timbul dari penyewa, seperti kerusakan dan bahkan kehilangan kendaraan. Untuk menghindari hal ini, tetapkan aturan sewa seperti,

• Terapkan kontrak sebelum sewa dengan biaya materai.

• memaksakan untuk mendapatkan kartu identitas selama masa sewa;

Berikan formulir kepada penyewa yang berisi informasi tentang data pribadi penyewa;

• Pasangkan pelacak GPS Anda dengan mobil Anda.

Jika bisnis Anda berkembang, Anda juga dapat membuat aplikasi rental untuk memfasilitasi penerapan peraturan penyewaan kendaraan komersial.

Daftarkan mobil Anda ke perusahaan asuransi

Manajemen perusahaan mana pun, termasuk penyewaan mobil, pasti akan melibatkan risiko, salah satunya adalah risiko aset. Sumber daya dalam industri penyewaan mobil adalah mobil dan sopir Anda. Amankan aset perusahaan Anda jika terjadi kecelakaan, kerusakan dan kehilangan jalan, serta risiko yang dapat menghambat kinerja perusahaan rental yang tepat.

Jika Anda memiliki modal kecil, beberapa perusahaan asuransi sekarang menerapkan premi kecil atau sistem kerja sama dengan entitas komersial. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir tentang premi tinggi untuk mendaftarkan asuransi properti dengan perusahaan rental mobil Anda.

Tetapkan strategi pemasaran.

Setelah menginvestasikan sumber daya Anda di mobil, langkah selanjutnya adalah menentukan strategi pemasaran untuk perusahaan rental Anda. Strategi bisnis dapat mencakup siapa tujuan sewa Anda dan juga orang-orang yang akan membantu bisnis Anda (orang-orang), di mana Anda akan menyewa (secara lokal), harga yang akan Anda bayarkan untuk setiap sewa (harga), serta alat promosi yang akan digunakan dalam strategi Anda.

Strategi bisnis ini juga dapat mengukur efektivitas perusahaan rental Anda. Secara umum, strategi pemasaran saham kecil hanya menggunakan alat promosi sederhana seperti media sosial gratis, blog, dan jaringan domain. Ketika bisnis Anda mulai tumbuh, Anda dapat memperluas jangkauan pasar Anda dengan bermitra dengan perusahaan rental lain atau perusahaan yang membutuhkan transportasi pribadi. Anda sekarang juga dapat melihat sewa untuk mitra taksi online sebagai langkah strategis untuk bisnis penyewaan mobil anda. Selamat mencoba!

Merry

E-mail : admin@elautobus.org

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*