Pemotongan Akrilik Dengan Menggunakan Mesin Laser Cutting

  • April 27, 2020

Ada beberapa jenis mesin pemotong dengan menggunakan laser baik untuk memotong benda padat seprti yang digunakan oleh tritunggalmetal dalam mengerjakan pemotongan untuk material besi, metal, alumuniaum, logam dsb. Selain itu ada juga pemotongan akrilik (lembaran plastik seperti kaca yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat furnitur atau bahan bangunan).Memotong akrilik dengan mesin lacer adalah aplikasi yang sangat umum dari mesin laser Epilog karena menghasilkan hasil berkualitas tinggi.

Tergantung pada jenis akrilik yang sedang Anda kerjakan, laser dapat menghasilkan tepi yang halus dan berkilau dengan api ketika memotong laser, serta menghasilkan efek putih matte yang mengkilap saat diukir dengan laser.

Jenis akrilik

Sebelum Anda mulai bereksperimen dengan akrilik dalam laser, penting untuk memahami berbagai jenis media. Sebenarnya ada dua jenis akrilik yang cocok untuk digunakan dengan laser: casting dan ekstrusi.

Lembaran akrilik cor terbuat dari akrilik cair yang dituangkan ke dalam cetakan yang dapat diatur dalam berbagai bentuk dan ukuran. Ini adalah jenis akrilik yang digunakan untuk sebagian besar penghargaan yang Anda lihat di pasar. Akrilik cor sangat ideal untuk memahat karena warnanya menjadi putih pekat saat memahat. Akrilik cor dapat dipotong dengan laser, tetapi tidak akan menghasilkan tepi yang dipoles dengan api. Bahan akrilik ini paling cocok untuk embossing.

Jenis lain dari akrilik yang dikenal sebagai akrilik diekstrusi adalah bahan pemotong yang sangat umum. Akrilik yang diekstrusi dibentuk menggunakan teknik produksi volume yang lebih tinggi, sehingga umumnya lebih murah daripada cetakan dan bereaksi sangat berbeda dengan sinar laser. Akrilik yang diekstrusi akan dipotong dengan bersih dan merata dan akan memiliki tepi yang dipoles dengan api saat memotong laser. Tetapi ketika dia mengukir, bukannya penampilannya yang tidak mencolok, dia akan menghasilkan patung yang jelas.

Pemotongan akrilik dengan laser

Untuk hasil terbaik saat memotong akrilik yang diekstrusi, perlu mengangkat material agar tidak menyentuh permukaan pemotongan. Ini akan mengurangi efek pasca refleksi dan munculnya tanda kotak pada material setelah pemotongan laser.

Pin Epilogue adalah aksesori yang sempurna untuk membantu Anda mendapatkan potongan akrilik ekstrusi yang sempurna. Perangkat praktis ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan basis akrilik agar lebih pas. Bagian tengah meja memiliki sumbu bergerak yang dapat ditempatkan di mana saja di sepanjang bingkai meja dengan jarak lubang 25,4 mm. Akrilik naik dan mengendap di tempat laser tidak memotong, membantu menghilangkan pantulan kembali. Tab Pin juga memungkinkan Anda untuk menempatkan pin untuk mendukung bagian kecil atau kompleks yang umumnya jatuh dari pola trim.

Kecepatan pemotongan laser

Akrilik umumnya paling baik dipotong pada kecepatan yang relatif rendah dan dengan kapasitas tinggi. Proses pemotongan ini memungkinkan sinar laser untuk melelehkan ujung akrilik dan menghasilkan batas api yang dipoles.

Saat ini, ada banyak produsen akrilik yang memproduksi berbagai cor dan akrilik diekstrusi dengan berbagai warna, tekstur dan pola. Dengan begitu banyak variasi, tidak heran kalau akrilik telah menjadi bahan yang populer untuk pemotongan dan pengukiran laser.

Mengukir akrilik dengan laser

Sebagian besar waktu, pengguna laser mengukir akrilik di bagian belakang untuk menghasilkan efek transparan dari depan. Anda akan sering melihat poster ini di penghargaan akrilik.

Lembaran akrilik biasanya memiliki lapisan pelindung di bagian depan dan belakang untuk menghindari goresan. Kami sarankan mengeluarkan kertas perekat pelindung dari bagian belakang akrilik sebelum membuat dan meninggalkan film pelindung di bagian depan untuk menghindari goresan saat menangani bahan. Jangan lupa untuk membalikkan atau membalikkan pekerjaan Anda sebelum mengirimkan karya ke laser karena akan mengetsa ayat tersebut.

Akrilik umumnya terukir pada kecepatan tinggi dan kekuatan rendah. Penandaan akrilik tidak memerlukan energi laser tinggi dan jika kekuatannya terlalu tinggi Anda akan melihat distorsi pada material.

Merry

E-mail : admin@elautobus.org

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*